Thursday, October 31, 2013

Komunis

Masalah :
Komunis sebagai ideology bagi bangsa dunia khususnya Indonesia adalah bahaya laten. Suatu saat akan menunjukan kekuatannya. Dalam arus dewasa globalisasi ini, komunis menggunakan strategi dan taktik besar yang seolah-olah ideology komunis menjadi dibutuhkan hajat hidup manusia maupun variasi lainnya: ekonomi, ideology, dan lain-lain.
Kajian :
Ideology komunis sendiri tentunya sudah menjadi kekuatan besar pada dulunya. Dan perkembangannya sekarang adalah bisa dibilang secara tiba-tiba. Dapat dilihat Korea Selatan dan PKC/RRC(Partai komunis China/ Republik Rakyat China) dapat membangun kekuatan negaranya dengan baik dan menggunakan dasar dari ideology komunis. Hal tersebut menunujukan eksistensi yang ditunjukan komunis sendiri di dunia. Mereka dapat menjadi suatu Negara yang disegani oleh Negara-negara lain. Kalau dipandang dari segi perkembangan yang ada di Indonesia sendiri ialah komunis terlihat sudah tidak Nampak dalam permukaan. Akan tetapi dalam pergerakan yang dilakukan oleh komunis ini adalah sudah mulai Nampak dan terdeteksi. Pasalnya, mereka saat ini sedang mendekati lembaga-lembaga kemanusiaan untuk mewujudkan tujuannya saat ini, yaitu ingin membuktikan kepada dunia bahwa kejadian yang terjadi pada tahun 1965 hanyalah rekayasa dari soeharto dan CIA dan masih banyak lagi.

Apabila usaha mereka tidak segera ditangani akan menimbulkan bahaya jangka pendek dan jangka jauh(bahaya laten). Dan dampaknya juga harus diperhatikan oleh setiap manusia. Karena mereka bisa saja melakukan tindakan yang tidak terduga dan efeknya juga merugikan.

Bahaya yang ditimbulkan jangka pendek adalah dapat membuat masyarakat resah terhadap gerakan yang dilakukan oleh komunis. Sedangkan jangka panjangnya adalah dapat membuat gerakan yang semakin besar dan akibatnya mereka dapat melakukan intervensi terhadap pancasila. Dan pengaruhnya jika tidak segera ditanggapi akan banyak mempengaruhi ideology yang dimiliki masyarakat Indonesia.

Dalam segi politik, mereka berupaya dan sedang berusaha mencari pembelaan dari lembaga-lembaga pemasyarakatan dan dengan bertujuan diaangkat disuatu sidang. Mereka membuat fakta yang tidak sebenarnya supaya meraka berhasil melakukan politiknya terhadap Negara indonesia. Sedangkan ekonomi yang dialami oleh organisasi-organisasi komunis ini sudah mulai habis. Dan apabila keadaan ekonomi habis maka usaha-usaha mereka akan terhambat. Untuk itu, tidak jarang mereka mencari dana dengan meminta masyarakat dengan modus “sumbangan untuk korban kemanusiaan ‘65”. tu merupakan pandangan terhadap segi ekonomi.

Dalam sisi sosialnya, tentunya mereka berusaha merekrut anggota yang sebanyak-banyaknya untuk melaksanakan usaha-usahanya. Akan tetapi pergerakan komunis sudah mulai terlihat dan dapat menimbulkan bahaya yang besar. Masalah tersebu akan terelesaikan bila setiap masyarakat sadar diri akan pentingnya pancasila.

Banyak hal yang harus diperbaiki terkait masalah ini. Harus segera dilakukan tindakan dari elemen masyarakat. Supaya tidak menimbulkan bahaya laten yang dapat mengancam kestabilan nasional. Upaya-upaya yang dapat dilakukan dalam menghadapi manuver-manuver yang dilakukannya adalah,

·         menanamkan idiologi pancasila sejak dini supaya tidak terpengaruh oleh idiologi komunis.

·         Menambah sosialisasi mengenai pentingnya rasa nasionalisme.

·         Perlu diadakan acara-acara yang dapat menambah wawasan nusantara.

·         Membatasi pergerkan komunis dengan apabila mengetahui salah satu orang yang beraliran komunis agar dilaporkan supaya dapat ditangani sampai akar-akarnya.

·         Menambah kesadaran dalam bela Negara.

·         Peningkatn loyalitas terhadap pancasila.

·         Melakukan penggalangan supaya orang-orang yang beraliran komunis supaya mau mengikuti pancasila.

·         Melakukan upaya rehabilitasi terhadap korban tragedy ’65 supaya tidak memiliki dendam dengan pemerintah.

·         Memberikan atau menjelaskan kejadian yang sesungguhnya mengenai kronologi kejadian ’65 yang merupakan digunakan sebagai alasan kenapa PKI itu sendiri melakukan upaya untuk bangkit.

·         Meminimalisir kegiatan-kegiatan yang berbau PKI.

Dengan situasi dan kondisi pada saat ini, masyarakat Indonesia tentunya sudah sadar akan bahaya yang ditimbulkan oleh komunis ini yang sedang bergerak secara underground yang tidak tampak pada permukaan melainkan menimbulkan dampak pada kenyataannya. Dengan berlandaskan idiologi pancasila yang mantap dapat dipastikan bahwa masyarakat Indonesia sendiri tidak akan berpengaruh terhadap masuknya idiologi komunis. Karena sampai saat ini komunis masih tersendat dalam melaksanakan berbagai usahanya. Dan diharapkan mereka ini tidak dapat berkembang dan dapat dituntaskan sampai ke akar-akarnya.


No comments:

Post a Comment