Thursday, October 3, 2013

KASUS PRIMORDIALISME Warga Agom VS Warga Balinuraga , Lampung



            Lampung merupakan tempat yang dikenal sebagai tujuan para transmigran program pemerintah yang sebagian besar berasal dari Jawa dan Bali. Mereka di transmigrasikan ke Lampung agar dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri misalnya dengan bercocok tanam. Orang Jawa dan Bali memang terkenal ulet dan pekerja keras sehingga usaha mereka dapat berkembang dengan pesat. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih memiliki paradigma yang feudal, meskipun sebenarnya Indonesia telah merdeka. Pola pikir rakyat Indonesia masih seperti pribumi yang sedang di jajah. Mereka menganggap orang diluar suku mereka merupakan penjajah. Hal inilah titik dasar yang menyebabkan terjadinya masalah primordialisme di Indonesia. Begitu juga dengan bentrok yang terjadi antara warga Agom dengan warga Balinuraga.
            Awalnya, bentrok tersebut dipicu oleh kecelakaan lalulintas. Namun salah satu pihak merasa hal tersebut merupakan penghinaan terhadap suku mereka. Oleh karena itu mereka menyerang kembali ke pihak lawan, mencoba merebut pengakuan kemenangan atas suku mereka. Konflik horizontal begitu banyak terjadi di Indonesia. Kecenderungan anarkis pemicu konflik tersebut dapat disebabkan oleh berbagai hal. Salah satunya ialah karena mindset terjajahnya warga pribumi. Paradigma demikian menjadi klasik bahwa warga pribumi harus berada diatas warga pendatang. Perlakuan primordial tidak lagi memandang hukum dan hak asasi manusia.
            Memang perlu diadakannya perbaikan-perbaikan dari segi struktur, infrastruktur, ekonomi, dan keagamaan demi mencegah hal serupa. Pemerintah dapat menjamin keamanan dan keselamatan warga Lampung melalui pengoptimalan Aparat keamanan Indonesia. Dapat dilakukan pula pencegahan preventif legal-formal terhadap warga Lampung agar konflik horizontal dapat terminimalisir. Penggalangan yang dilakukan aparat-aparat keamanan akan lebih berpengaruh  seperti yang dilakukan TNI, POLRI, dan BIN  terhadap warga Lampung dapat pula mencegah terjadinya konflik dan mengubah paradigma warga sehingga dapat di deteksi dini apabila akan terjadi konflik serupa.

No comments:

Post a Comment